Balap Anjing

Standar

ketika foto perlombaan ini saya posting difacebook, ada yang bertanya pada saya “balap anjing ini budaya atau sekedar lomba biasa?” namun sampai saat ini saya belum dapat jawaban pasti. saya caba tanya kepada orang minang asli jawabannya tidak sama, ada yang jawab lomba biasa ada yang jawab budaya.

tapi biarlah budaya atau bukan, balapan ini bagi saya unik sekali. kalau balap sapi karapan kita sudah biasa melihatnya. tapi dibalik keunikannya balap ini menyimpan satu hal yang buat saya tidak nyaman yaitu penyiksaan pada binatang.

berbekal informasi dari teman, saya meluncur ke kampung sago 70Km dari kota padang. sehabis Shalat Asar disebuah mesjid saya tiba disebuah lapangan yang telah ramai dengan penonton. ditengah lapangan sudah terpancang tiang-tiang dengan tali sebagai lintasan balapnya.

DSC_1343

Tak lama kemudian, panitia membuka pendaftaran peserta lomba. setelah pendaftar sudah mencukupi panitia memulai lomba. dengan satu juri digaris start dan satu juri digaris finis.

pada dasarnya anjing yang mengkuti lomba ini adalah anjing pemburu babi. berbeda dengan karavan sapi memacu anjing – anjing yang berlomba bukan dengan pukulan tapi dipancing untuk mengejar anak babi hutan yang sudah disiapkan digaris finis.

DSC_1338

DSC_1389

semakin sore penonton semakin riuh mendukung jagoannya. terkadang terjadi hal yang membuat penonton tertawa karena anjing sudah berlari mengejar anak babi digaris finis sebelum aba – aba balapan dimulai….

balap anjing

balap anjing2

Tinggalkan Balasan

