MACAN LAGI TIDUR, TIMNAS INDONESIA

Standar

Mencoba menulis sedikit dikala mata masih berat dipagi hari di tangal pertama dua ribu tiga belas. sebenarnya tidak ikut merayakan pergantian tahun sih, aku tidur jam 23.00 setelah rasa kantuk menguasai seluruh tubuhku. Karena ada sedikit gairah untuk memencet tombol – tombol laptop, ku biarkan saja jari ini menari menyusun kalimat demi kalimat yang terlintas dikepalaku.2025534-jack-brown-620X310

Ada satu berita menarik di harian kompas on line, seorang bocah berusia sebelas tahun bernama jack alan brown sukses menyabet gelar “The World Final Skill Test 2012 MU Socc er School” sebagai siswa terbaik di Akademi Setan Merah tersebut. Yang ajibnya ni anak ketika ditanya sir Alex Ferguson berasal dari mana dengan polos dia menjawab “dari Indonesia”, Ajib gak tuh? Padahal tu anak gak tulen – tulen banget Indonesianya. Padahal ane yang tulen Indonesia aja malu jadi orang Indonesia (puisi Taufik Ismail). seandainya ane keluarnegri ya (seandainya lo…),kalo ada orang bule yang nanya “mas berasal dari mana?” ane bakal jawab “dari bali atau asia sekalian”. Maklumlah jadi orang indonesia gak ada yang bisa dibanggain.

Oke kembali ke lap top (kata tukul) kembali ke artikel kompas, artikel tentang Jack Alan di posting tanggal 31 desember 2012 jam 22.31 artinya tu artikel da berusia satu tahun hehehe. Telah dikomentari 39 pembaca. Ada yang menarik disalah satu komentar pembaca tersebut, “Kalo bermain untuk tim nas indonesia hanya akan menjadi pecundang. Jika cita-2mu menj pemain yang hebat tetaplah membela tim Eropa. Tetapi jika cita-2mu menjadi koruptor……baru ke Indonesia”. Melihat keaadaan tim Nasional dan PSSI saat ini ane bisa fahami komentar ini, tim Nas yang selalu babak belur, PSSI yang tak pernah akur sesama pengurus sudah pasti kitapun mengatakan jangan bermain untuk indonesia.

Namun kita juga harus melihat kebelakang, walau saat ini selalu babak belur ternyata Tim Nas Indonesia pernah mendapat julukan macan Asia. Dengan rekor – rekor yang cukup menawan dilevel dunia, sempat lolos di olimpiade melbourne tahun 1956 pernah mengalahkan cina dalam kualifikasi piala dunia 1958 dan sempat mengalahkan dalam laga persahabatan Uruguai.

Ane kira permasalahan saat ini macan lagi tidur nyenyak jadi gak pernah mengaum lagi, melihat jack alan brown ane seperti melihat ada harapan macan asia akan bangkit kembali. Terlebih dilevel usia 12 tahun timnas belia mampu mengalahkan tim eropa artinya ada secarcah harapan untuk tim nas indonesia kedepannya.

Sekarang tinggal bagai mana sikap kita, karena masa depan sepak bola kita adalah masalah bersama. Kalau jadi suprter jadi suporter yang dewasa bukan suporter yang membuat keruh suasana. Sebesar apapun badai pasti akan berakhir seburuk apapun keadaan PSSI saat ini pasti akan berakhir pula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s