Kupu – Kupu, Andi dan Metamorfosis

Standar

Kalau kita cari salah satu hewan yang membuat perempuan merasa jijik sepontan kita kan menyebutkan “ulat”, ketika masih sekolah dulu anak laki – laki yang suka iseng biasanya suka mengerjain anak perempuan dengan ulat. anehnya kebanyakan perempuan suka dengan kupu – kupu, itulah sebuah fase kehidupan adakalanya dibenci adakalanya disukai tergantung pada waktu dan kondisi.

Tapi kali ini aku tidak sedang ingin bercerita tentang ulat atau kupu – kupu, aku ingin bercerita tentang sebuah fase, fase kehidupan yang dalam bahasa biologi disebut metamorphosis yang juga belaku bagi kupu – kupu.

Namanya Andi lengkapnya Andika Nuansya, aku bertemu dengannya pertama sekali ketika kursus bahasa Inggris. Dia adalah peserta kursus yang paling kecil diantara kami, ketika itu aku duduk dikelas satu SMP sedang Andi kelas 5 SD jadilah dia bocah paling tengil dikelasku dia menyandang banyak gelar dari kami dari sipendek sampai Andi petot.

Kembali kepada kupu – kupu, fase Awal kehidupan kupu – kupu dimulai dari telur, yang setelah tiga atau empat hari akan  menetas menjadi larva atau yang biasa kita sebut ulat binatang melata yang menjijikkan yang bulunya bisa memuat gatal seharian.

Ketika aku duduk dikelas tiga smp, Andi masuk kesekolah yang sama denganku dia jadi juniorku disekolah.  Walau sudah SMP ketengilannya masih terpelihara dengan baik, tubuhnyapun sepertinya malu untuk beranjak membesar. Yang paling aku ingat katika aku akan lulus sekolah dia tampil mengisi acara perpisahan sekolah dia menyanyikan satu lagu papua “sajojo” sambil lompat – lompat.

setelah larva sampai pada pertumbuhan maksimal dia akan berhenti makan, dia akan mencari tempat berlindung yang yang aman kemudian dia akan membungkus dirinya dengan benang, fase inilah yang kita sebut kepompong, dia akan bertapa selama 7 -20 hari.

Perpisahan disekolah adalah perpisahanku dengan Andi, selepas smp aku melanjutkan sekolah disekolah berasrama, dan aku jarang pulang kerumah kecuali libur panjang. Lama, lama sekali kami tidak bertemu, sampai  mark zuckerberg dengan facebooknya menghubungkan kami didunia maya. Kini Andi sudah menjadi mahasiswa sebuah perguruan tinggi negri.

Didalam kepompong dengan perlahan larva akan berubah, seperti disulap ulat yang jelek lagi menjijikkan tadi akan berubah memiliki sayap dengan warna – warna yang indah yang membuat mata terpana nan terpesona.

Ku dengar sebentar  lagi Andi akan diwisuda dia akan menjadi sarjana, dia akan mengepakkan sayapnya untuk mengarungi kehidupan. Dia telah menjadi laki – laki dewasa yang akan bertanggung jawab pada dirinya sendiri, dia telah telah melewati sebuah fase kehidupannya.

Setelah bertapa dalam kepompong larva keluar dengan sayap yang masih basah, dengan perlahan dia mengepakkan sayapnya dan memulai kehidupan baru sebagai kupu – kupu hilanglah makian berganti dengan pujian, dia telah melewati sebuah fase kehidupannya.

Semua kita akan melewati fase kehidupan jalani lakukan yang terbaik….

To Andi thanks tuk persahabatan kita.

3 responses »

  1. wah…wah namanya kurang H bg….. tapi bgus kok…… kudu baca ne temen2 semua.. hahahahaha.. makasih bg…. ada doanya jugak disitu…..
    amin ya robbal alamin…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s