Kadafi dan Masa Depan Libya

Standar

Sang revolusioner eksentrik Muammar Kadafi sudah kembali kepada sang penciptanya, diiringi pekik gembira rakyat yang pernah dipimpinnya. Buat kita yang diIndonesia mungkin tidak begitu tahu dengan sosok colonel ini, karna negri kita yang jauh dari negrinya, namun dunia seakan sepakat dia adalah tiran yang harus dibanci dan dihancurkan.

Dimana ada pro disana pasti juga ada kontra, banyak yang menginginkan kematiannya banyak juga yang melindunginya.Kalau pro dan kontra sudah bertemu, pertentanganlah yang terjadi. Yang paling dasyat dari pertetangan itu adalah perang. kalau perang itu dilakukan dalam satu Negara oleh rakyat Negara tersebut maka disebutlah perang saudara, bisa jadi anak dan ayah salaing berlawanan, kakek dengan cucu, teman dengan teman jelas yang rugi adalah mereka sendiri.

Melihat Libya saat ini, aku ragu kalau segala permasalahan telah berakhir. Yang aku takutkan rakyat Libya telah melakukan kesalahan besar dengan revolusi mereka, mereka lupa sosok tiran kadafi juga lahir dari sebuah peroses revolusi bukan lahir begitu saja, maka ketika mereka menggulirkan revolusi menghancurkan kadafi akan segera lahir pula kadafi yang baru. Yang aku takutkan pula kaum revolusioner  tidak berdiri diatas satu kaki, justru mereka berdiri dari banyak faksi yang memiliki kepentingan yang berbeda yang suaktu waktu justru mereka saling menyerang untuk memperebutkan kekuasaan. Dan bagaimana pula dengan anjing – anjing kapitalis imperialis amerika dan sohib – sohibnya mereka juga menenam modal yang besar untuk menggulingkan kadafi, dan modal ini tidak mungkin gratis rakyat Libya harus bersiap untuk dijajah kembali oleh barat.

Kadafi dan keeksentrikannya sudah musnah, meninggalkan kenangan bagi bagi rakyat sirte, daerah dimana dia berasal. Kadafi meninggal dengan sumpah yang pernah diucapkannya dia tidak akan pernah meninggalkan Libya sampai tetes darah yang terakhir. Bagi rakyat sirte kadafi adalah martir yang harus dikenang, aku yakin para orang tua disirte akan mendongengkan sosok kadafi pada anak – anak mereka. Kematian kadafi akan menjadi inspirasi bagi anak – anak sirte. Suatu saat akan ada yang menuntut balas untuk kematian kadafi, seperti kaum revolusionir yang mengenang raja idris yang digulingkan Kadafi.

Selamat jalan buat colonel Kadafi, selamat jalan juga buat gelar Libya sebagai Negara terkaya diafrika, selamat jalan juga buat Benghazi, tripoly yang hancur lebur yang tidak mungkin dibangun kembali dengan bimsalabim.

Bagi rakyat Libya revolusi adalah pilihan aku menghormati pilihan mereka, sebagai sesama umat islam aku mendoakan mereka, semoga pilihan mereka tepat kebahagiaan bisa mereka dapatkan. Bagiku ini adalah pelajaran kiranya tidak akan pernah terjadi revolusi seperti dilibya dinegri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s