Tugu Pahlawan Surabaya

Standar

hari ini berhasil menalankan misi untuk mengunjungi tugu pahlawan Surabaya, setelah berapa kali gagal karna tidak ada yang menemani. Didalam komplek tugu yang berbentuk obelisk yang diresmikan oleh presiden sukarno ini,  terdapat sebuah museum perjuangan yang menyimpan arsip benda sejarah perjuangan rakyat Surabaya melawan sekutu dibawah komando seorang pemuda kesatria yang benama bung Tomo.

Sebelum memasuki museum kita akan langsung disambut sebuah mobil hitam tua buatan Jerman milik bung Tomo. Menurut tulisan yang terpampang, mobil ini disumbangkan oleh keluarga bung Tomo sebagai benda sejarah milik museum. Aku dan temanku masuk kemusium dengan membayar 3000 rupiah kepada orang tua yang ramah penjaga museum. Seperti museum lain yang pernah aku kunjungi, nasib museum yang ada ditugu pahlawan tidak jauh berbeda. sunyi tanpa pengunjung, berdebu dan menyeramkan. Namun adakelebihan dalam pertunjukan dioramanya, museum ini dilengkapi kotak suara yang menceritakan kejadian di setiap sekmen diorama.

Dari salah satu kotak suara yang disediakan dimusium ini kita bisa mendengar pidato bung Tomo yang begitu menggugah semangat juang perwiranya arek – arek suroboyo, dalam hati aku membatin seandainya pemimpin bangsa ini yang sekarang mempunyai ketegasan dan ketangguhan seperti bung Tomo nasib bangsa ini mungkin lebih baik dari yang kita rasakan saat ini.

Museum ini juga dilengkapi koleksi lukisan dan foto Surabaya tempo doeloe, tak ketinggalan foto – foto keheroikan arek – arek Surabaya terutama sang pemimpinnya bung Tomo ketika melawan tentara sekutu yang ingin merebut tanah airnya. “Jas merah jangan sekali – kali melupakan sejarah” soekarno.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s